Jumat, 27 Januari 2017

Aroma Hujan

Saat saya mulai membuat tulisan ini, di luar sedang hujan. Hujan yang lumayan banyak, walau tidak begitu deras. Serasa ada yang berbeda ketika awal tahun ini dihiasi dengan cuaca yang lumayan panas, kemudian pada waktu tertentu, hujan turun. Ada yang bilang, ketika hujan turun seperti ini, pikiran kita akan melayang pada sesuatu yang menimbulkan perasaan melankolis. Ingat lirik lagu Opick? "Hujan kau ingatkan aku tentang satu rindu"? Seperti itu kira-kira perasaan yang muncul ketika hujan.

Selidik punya selidik, ternyata hal ini ada ilmunya. Kenapa ada perasaan yang berbeda ketika hujan turun? Ada aroma tersendiri yang tercium ketika hujan turun setelah sekian lama panas menyengat. Bau ini menimbulkan perasaan segar, yang tak jarang pula menimbulkan perasaan melankolis. Istilah dari aroma ini adalah "petrichor". Kata yang punya ilmu, aroma petrichor muncul akibat minyak yang berasal dari tumbuhan (yang diproduksi selama cuaca kering) terlepas ke udara ketika hujan turun. Selain itu, bau ini juga berasal dari zat kimia yang dihasilkan oleh bakteri tanah "Actinomycetes" yang terlepas ke udara ketika hujan menyentuh tanah.

Teori lain juga ada menyangkut bau hujan ini. Teori ini berhubungan dengan ozon, dan terjadi ketika hujan petir. Kilat memecah molekul oksigen dan nitrogen dan berkombinasi lagi menjadi nitrit oksida, kemudian berinteraksi dengan zat kimia lain untuk membentuk ozon. Bau ozon inilah yang tercium ketika hujan turun atau ketika hujan akan turun.

Teori-teori tersebut memang menjelaskan mengapa bau petrichor dan bau ozon muncul. Tapi untuk menjelaskan kenapa bau itu menimbulkan perasaan tertentu di hati beberapa orang, terutama perasaan mellow, tentu beda lagi ceritanya. Setiap orang tentu punya cerita yang berbeda karena punya memori yang berbeda. Mungkin bukan cuma masalah "bau", tapi juga masalah perasaan "dingin" yang muncul.

Biar bagaimanapun, perasaan yang timbul ketika hujan turun, merupakan perasaan yang istimewa. Sebagian orang bisa mengungkapkan dengan kata-kata, sebagian lagi cukup dalam hati saja.

Tidak ada komentar:

Random Post