Minggu, 05 Desember 2010

Ngeblog Memang Menyenangkan

Ada kesenangan tersendiri bagi saya berbagi cerita atau informasi di blog. Selain untuk menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas sehari-hari, saya juga bisa berbagi dan bersilaturrahmi dengan blogger-blogger lainnya melalui aktivitas blogging dan blogwalking. Dunia blog telah menjadi bagian dari kehidupan saya sehari-hari.

Saya tidak terlalu ingat kapan saya pertama kali ngeblog. Waktu itu saya menemukan sebuah situs penyedia blog Indonesia dan saya memulai 'karir ngeblog' saya lewat situ. Awal mulanya tentu saya tak mengerti apa itu blog. Biasanya waktu itu di internet saya cuma buka situs Friendster, Google atau  MIRC. Saya menemukan sebuah tulisan tentang blog dan berbagai hal yang bisa diperoleh dengan membuat blog kita sendiri. Tulisan itu membangkitkan rasa ingin tahu saya. Karena rasa ingin tahu itulah saya mencari-cari informasi tentang apa itu blog.

Oya, ini ada artikel dari http://enda.goblogmedia.com/pages/apa-itu-blog.html yang bisa menambah pengetahuan kita seputar dunia blog;

Apa tuh Blog?

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan "catatan perjalanan" seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar "cerdas" mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.

Dari komentar-komentar tadi biasanya Blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita "mengintip" isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari penciptanya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal. Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada May 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet.

Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika kemudian Blog bahkan tidak lagi memuat link-link tapi hanya berupa tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain. Para Blogger dengan sengaja mendesain Blog-nya dan isinya untuk dinikmati orang lain.

Sejarah Blog

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What's New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin's Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada diluar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sehingga Blogger.com muncul di dunia per-blog-an. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews. Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya.

16 komentar:

Lusi mengatakan...

SELAMAT TAHUN BARU 1432 H kaaq..

ianz mengatakan...

@lusi, sama2 lusi....

aneh unik gokil mengatakan...

nge-blog memang menyenangkan :D

ianz mengatakan...

@aneh unik gokil, setuju sobat...

ysalma mengatakan...

nge-blog memang menyenangkan,,
nambah teman yang sehobby (sama2 suka corat-coret online) :)

ianz mengatakan...

@ysalma, corat-coret online mmg mengasyikkan :)

romi mengatakan...

selamat tahun baru mas
salam kenla ya
ditunggu kunjugan baliknya

ianz mengatakan...

@romi, trims mas... sama2....

Ihsan Prawoto mengatakan...

wah buat saya ngeblog seperti makan saja mas. seperti kebutuhan pokok sajja... itulah seninya memilik blog ketimbang web.. blog lebih menantang/// salam kenal

ianz mengatakan...

@ihsan prawoto, kalo ga ngeblog sehari, pusing dong.. :)

echaimutenan mengatakan...

selamat tahun baruuuuuuuu

aku ngeblog sekalian curcol *eh

srulz mengatakan...

guz plis, jngan copas duank guz... ;(

ianz mengatakan...

@echaimutenan, apaan tuh curcol?
@srulz, buat nyebarin informasi doank mas, kan linknya udah saya tulis..

fachriansah mengatakan...

Salam kenal...
Dah sekian lama pake blog, skrg baru tau ttg sejarah blog..hehe

ianz mengatakan...

@fachriansah, salam kenal jg sobat.. :)

suria riza mengatakan...

Curhatcolongan -___- *late reply

Random Post