Minggu, 24 Oktober 2010

Asal-Usul Masyarakat Minangkabau

Tiba-tiba timbul rasa penasaranku tentang asal-usul orang Minangkabau. Tak lain dan tak bukan karena aku memang orang Minang. Orang Minang juga acap kali disebut orang Padang disebabkan ibukota dari Propinsi Sumatera Barat, kampung halamannya orang Minang, adalah Kota Padang. Untuk mengobati rasa penasaranku itu, berkunjunglah aku ke halaman pencariannya mbah google (ga tau kenapa sekarang banyak yang menyebut situs pencarian ini dg panggilan mbah), dan mendaratlah aku di situsnya Wikipedia yg menjelaskan panjang lebar tentang Minangkabau.

"Suku Minang merupakan bagian dari masyarakat Deutro Melayu (Melayu Muda) yang melakukan migrasi dari daratan China Selatan ke pulau Sumatera sekitar 2.500-2.000 tahun yang lalu. Diperkirakan kelompok masyarakat ini masuk dari arah timur pulau Sumatera, menyusuri aliran sungai Kampar sampai ke dataran tinggi yang disebut darek dan menjadi kampung halaman orang Minangkabau. Beberapa kawasan darek ini kemudian membentuk semacam konfederasi yang dikenal dengan nama luhak, yang selanjutnya disebut juga dengan nama Luhak nan Tigo, yang terdiri dari Luhak Limo Puluah, Luhak Agam, dan Luhak Tanah Datar. Kemudian seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan penduduk, masyarakat Minangkabau terus menyebar ke kawasan darek yang lain serta membentuk beberapa kawasan tertentu menjadi kawasan rantau."

Berarti memang benar semboyan atau nyanyian "nenek moyangku seorang pelaut...". Mana mungkin kan pindah dari daratan China Selatan ke Pulau Sumatera kecuali kalau pakai kapal? Zaman dulu kan belum ada pesawat.. :)

4 komentar:

Sudinotakim mengatakan...

makasih infonya bang

ianz mengatakan...

sama-sama bro...

TUKANG CoLoNG mengatakan...

sejarah yg lain bahas juga dong brader..:-q

ianz mengatakan...

Insya Allah, brader, mudah2an dibahas di 'episode' selanjutnya...

Random Post