Cari di Blog Ini

Jumat, 31 Juli 2015

Kebun Teh Alahan Panjang

Minggu, 26 Juli 2015, tak terasa lebaran Idul Fitri telah memasuki hari ke sepuluh. Menyenangkan sekaligus melelahkan memang, mengisi waktu libur dengan keluarga ke tempat kerabat dan mengunjungi daerah wisata.

Seolah belum puas dengan liburan Idul Fitri seminggu yang lalu, kami memutuskan untuk melajukan kendaraan menuju Alahan Panjang, Solok, di mana di situ terhampar luas pemandangan kebun teh yang punya daya tarik tersendiri.

Perjalanan dari Kota Padang menuju Solok punya tantangan tersendiri, terutama jika kita masuk dari arah Indarung, karena kita mesti melalui jalan menanjak dan berbelok yang cukup curam di Sitinjau Laut. Apalagi di sana truk sering lewat dan tak jarang menimbulkan sedikit kemacetan di pendakian. Saya sebagai seorang yang belum cukup pengalaman melalui daerah pendakian seperti ini, akhirnya menyerahkan sepenuhnya kendali setir mobil kepada yang lebih berpengalaman, yakni adik saya sendiri.

Perasaan dagdigdug di pendakian Sitinjau Laut akhirnya terobati setelah melihat hamparan kebun teh yang luas sesampainya di Alahan Panjang. Tak ayal lagi kami (saya, istri, anak, adik dan adik ipar) memarkir mobil dan berjalan menyusuri kebun teh untuk sekedar menikmati pemandangan serta melakukan apa yang biasa dilakukan wisatawan, yaitu mengambil dokumentasi alias foto-foto :).










Udara yang sejuk, hamparan kebun teh yang hijau, kehidupan yang terkesan masih natural, itulah sisi positif yang membuat saya mengagumi tempat ini. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata yang bisa dibanggakan sekaligus menggambarkan salah satu sumber penghidupan masyarakat di Sumatera Barat.

Jika pembaca cukup jeli, ada foto di mana saya memegang teh dalam kemasan botol plastik, yang produknya berasal dari pulau seberang. Saya jadi bertanya-tanya, ada tidak ya produk teh khas Alahan Panjang yang dikemas dalam botol plastik? Jadi jika saya mengunjungi kebun teh Alahan Panjang, dan mampir di salah satu warung, akan lebih spesial rasanya jika yang dipajang di rak atau kulkas adalah teh kemasan botol khas Alahan Panjang yang tak kalah mutunya dengan produk lain yang sejenis :).

Tidak ada komentar:

Random Post