Selasa, 06 Maret 2012

Pemandangan Dasar Laut di Taman Laut Bunaken

Sedikit iri dengan saudara saya yang sekarang kerja di Manado. Bukan karena pekerjaannya, tapi karena dia telah berkesempatan menikmati pemandangan Taman Laut Bunaken, bahkan menjelajah isi lautnya. Pemandangan yang indah dengan berbagai binatang lautnya seperti bintang laut dan ikan badut (clownfish) yang malu-malu bersembunyi di sekitar anemon laut, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menyelam ke permukaan laut di Taman Laut Bunaken.

Saya jadi tertarik untuk sedikit mengulas tentang lokasi wisata yang satu ini. Bunaken, berdasarkan info yang saya dapat dari Wikipedia, merupakan sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Bunaken dapat ditempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki biodiversitas (keanekaragaman hayati) kelautan salah satu yang tertinggi di dunia.

Secara keseluruhan Taman Laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektare, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.








3 komentar:

timbangan mengatakan...

sebenarnya akam di indonesia ini yang terbaik, saya pernah kebeberapa dan jika di bandingkan dengan indonesia mereka ngak ada apa-apanya

ianz mengatakan...

@timbangan, setuju sobat.. mgk perlu lebih banyak promosi & pembenahan ya biar makin banyak wisatawan yg dtg..

Dargombes mengatakan...

waow indahnya taman laut bunaken

Random Post