Rabu, 29 Juni 2011

Apa yang Dilakukan Karyawan Ketika Libur?

Libur pun tiba. Aktifitas yang relatif sama dalam beberapa hari telah dijalani oleh seorang karyawan (Dalam hal ini, tentu saja termasuk karyawati). Pergi ke kantor/lokasi kerja di pagi hari, melakukan tugas rutin, kemudian pulang di sore hari atau bahkan di malam hari ketika pekerjaan menumpuk harus diselesaikan hari itu juga. Aktifitas seperti itu membuat hari libur memiliki arti tersendiri bagi seorang karyawan. Lalu apa yang biasa dilakukan oleh seorang karyawan ketika hari libur itu tiba?

Bermalas-malasan
Mungkin banyak karyawan yang memilih untuk berada di rumah saja ketika datang hari libur. Setelah lelah bekerja dari senin sampai jumat, pilihan ini cukup wajar (minimal menurut pendapat saya pribadi :) ). Tujuannya tentu saja untuk mengembalikan kondisi fisik dan mental yang selama ini dikuras di kantor atau lokasi kerja. Mungkin diisi dengan sekedar duduk-duduk sambil nonton tivi. Tak jarang sebagian karyawan menghabiskan banyak waktu libur untuk tiduran (capek banget kali ya).

Melakukan Hobi
Selama hari kerja, sibuk dengan rutinitas. Di hari libur, saatnya melakukan sesuatu yang diminati. Bagi yang hobi olahraga, maka dia berolahraga. Bagi yang hobi mancing, maka dia memancing. Bagi yang hobi blogging, maka dia nge-blog. Bagi yang hobi kerja, waduh, apa dong bedanya dengan hari-hari yang lain?

Berekreasi
Jalan-jalan melihat objek wisata di luar kota, juga bisa jadi pilihan. Mungkin bersama teman, atau bersama keluarga. Ini sangat berguna buat menyegarkan pikiran, dengan melihat atau mengunjungi sesuatu yang baru misalnya. Sehingga irama hidup jadi tak terasa monoton, karena selama ini mungkin yang dilihat cuma meja, kursi, layar komputer, dan dokumen (cape deeeh).

Mencari Sumber Penghasilan Lain
Hmm… Barangkali karena kebutuhan hidup yang sudah semakin tinggi, atau memang punya cita-cita jadi orang kaya, sebagian karyawan menggunakan hari libur untuk melakukan aktifitas yang menambah pundi-pundi uangnya. Tipe karyawan seperti ini sangat produktif. Punya bisnis sampingan seperti toko, warnet, dan lainnya memang tidak dilarang, selama tidak mengorbankan pekerjaan utama atau pun tugas yang sudah jadi keharusan.

Menyelesaikan Pekerjaan Kantor yang Masih Terbengkalai
Hiks… Kerjaan kantor numpuk, dan harus diserahkan ke pimpinan hari senin. Apa boleh buat, terpaksa mengorbankan waktu libur. File disimpan di flashdisk, lalu pekerjaan dilanjutkan di rumah menggunakan komputer atau laptop pribadi. Buat yang mengalami hal ini, mudah-mudahan kerjaannya cepat selesai dan masih bisa memanfaatkan waktu liburan yang tersisa. Semangat!!

8 komentar:

Mr. Andre Golvano mengatakan...

mungkin juga mudik kali ya... kangen kampung halaman

ianz mengatakan...

@mr. andre golvano, betul jg mas... itu jg termasuk, terutama skali di libur hari besar....

kenia huwada mengatakan...

maaf baru jalan2 kesini karena saya pun habis jalan2 ke kota orang dan hiks tak bisa ngenet,,....basi kali ya kalo koment dah telat hehehehe...

ianz mengatakan...

@kenia huwada, ga apa2 kok mbak... ga ada istilah basi dalam ngasih komen di blog saya.. :)

gajah_pesing mengatakan...

biasa kalo liburan, saia menikmati hari santai sembari membersihkan rumah bersama keluarga :)

ianz mengatakan...

@gajah_pesing, yups, bersih-bersih... itu jg salah satu hal yg bisa dilakukan karyawan ketika libur...

NURA mengatakan...

ass
yang jelas kalau libur ya untuk refresing,memanfaatkan liburan.
jalan2 dunk.

ianz mengatakan...

@nura, waslm... betul mbak... terutama sekali buat mbak nura yg hobinya jalan2 ke luar negeri... :D

Random Post