Selasa, 15 Februari 2011

Cara Twitter Menghasilkan Uang

Saya sempat bertanya-tanya tentang situs microblogging yang satu ini. Berbeda dengan facebook atau yang lainnya, Twitter sama sekali tidak memasang iklan di bagian kiri, kanan, atas, ataupun bawah situsnya. Kalau seperti itu, darimana Twitter memperoleh penghasilan untuk membiayai situsnya? Apakah pengelola Twitter sama sekali tidak me-monetize situsnya? Wajar kan kalau saya bertanya seperti itu? Saya juga sudah pernah menyinggung masalah ini pada salah satu posting saya di blog ini.

Dengan bermodalkan jaringan internet yang luas, akhirnya saya bisa menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang menghantui hidup saya itu (Yaelah..... Lebay banget kayaknya ya? :D ) sehingga mampu mengobati rasa penasaran saya. Sejak April 2010, Twitter mulai memberlakukan Promoted Tweet yang tampil langsung di timeline pengguna. Itu artinya, memang tak ada iklan yang tampil di bagian samping atau atas-bawah situs Twitter, tapi langsung tampil di timeline pengguna.

Simak kutipan berita dari dailysocial.net tertanggal 2 November 2010 berikut ini;

    "Twitter mulai memberlakukan Promoted Tweet yang akan tampil langsung di timeline pengguna. Lewat blog resmi mereka, Twitter mengumumkan bahwa mereka akan mulai melakukan uji iklan yang akan tampil di timeline pengguna dengan aplikasi pihak ketiga yang menjadi partner mereka, HootSuite.

    Program iklan ini merupakan kelanjutan dari berbagai program yang merupakan strategi monetisasi dari Twitter, Promoted Product, termasuk diantaranya Promoted Tweet dan Promoted Trending Topic serta Promoted Account. Jadi nantinya para pengguna HootSuite akan mulai melihat Tweet iklan dalam timeline mereka."

    (http://dailysocial.net/2010/11/02/twitter-mulai-berlakukan-promoted-tweet-di-timeline-pengguna/)

Bahkan dengan adanya program periklanan ini, tahun 2011 ini, diperkirakan Twitter memperoleh pendapatan sampai tiga kali lipat dari yang sebelumnya!

    "Situs mikroblog Twitter diperkirakan menerima pendapatan iklan hingga USD150 juta, atau lebih dari tiga kali lipat pendapatan saat ini. Demikian pendapat firma riset internet eMarketer.

    eMarketer mengklaim, saat ini semakin banyak perusahaan yang tertarik memanfaatkan Twitter sebagai media iklan. Bahkan mereka memperkirakan, 2012 nanti Twitter bisa menerima pendapatan iklan hingga USD250 juta, demikian seperti disitat Computer Weekly, Senin (24/1/2011).

    Setelah memperkenalkan program iklannya, April 2010 lalu, Twitter berhasil menarik minat pengiklan seperti Nissan, Hewlett-Packard dan Starbucks. Namun jika ingin bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar seperti Google dan Facebook, Twitter wajib meningkatkan jumlah user sekaligus menempatkan iklan secara lebih efektif."

    (http://techno.okezone.com/read/2011/01/24/55/417462/55/2011-pendapatan-iklan-twitter-tiga-kali-lipat tertanggal Senin, 24 Januari 2011)


Hmmm.... Ternyata Twitter memang unik ya? Cara beriklannya pun unik.... :)

15 komentar:

Rizky2009 mengatakan...

saya belum prnah coba cari duit lewat twitter, lagian twit q aq lupa email sama paswordnya , males bikin lagi, ok deh kapan tak coba bikin lagi kalau waktu online bisa lebih banyak

ianz mengatakan...

@rizky2009, sama sob... aku jg belum nyoba..... jumlah follower-ku kayaknya belum memadai buat nyari duit di twitter..........

NURA mengatakan...

salam sobat
ternyata dengan twitter bisa menghasilkan uang juga.
sip tuh, ngga cuma blog saja.

ianz mengatakan...

@nura, betul mbak.... pengelola twitter bisa dapat uang.... member-nya jg bisa dapat uang....
dulu saya pikir twitter sama sekali tak menampilkan iklan, sehingga pengelola twitter tak dapat apa2 sama sekali dari situs yg dibuatnya.... ternyata tidak.....

Rose mengatakan...

hem psti adalah unsur ekonominya..hehehe..

salam..

Business Marketing Blog mengatakan...

kalo ndak di sisipin iklan, bangkrut lama-lama.. :D

ianz mengatakan...

@rose, betul betul betul :D
@Business Marketing Blog, bener jg sob.... sayang kan kalo mesti bangkrut....

anam78 mengatakan...

Syukurlah... Rasa penasaranku juga sudah terjawab.

Thanks ya GAN..!

ianz mengatakan...

@anam78, sama2 gan... :D

Turunkan Nurdin mengatakan...

Iyalah. Ini juga bagian yang disebut "bisnis online". Banyak pengunjung = duit. Ini juga jg berlaku kok bagi blogger2 umum seperti kita.
Contohnya? Mampir dulu ke rumahku. Hihihi....

ianz mengatakan...

@turunkan nurdin, hehe... oke deh sob... ntar saya liat contoh yg sob maksud.....

yunan mengatakan...

Sayang follower twitter sy bru dikit,

gan, gmana caranya ya promo blog via twitter

ianz mengatakan...

@yunan, buat promosi blog, daftarin aja di ontoplist gan........ alamat situsnya: http://www.ontoplist.com/web-directory/

pertolongan pertama pada gawat darurat mengatakan...

ada yang pernah di bayar saya twitter? cerita dong..

Dotnex Download mengatakan...

ahirnya kejawab sudah rasa penasaran.. walau jarang buka situs yang satu ini. thanks buat agan

Random Post