Kamis, 16 September 2010

Ingin Jadi Penulis?

Sebagian dari kita mungkin ada yang bercita-cita jadi penulis, menulis artikel berupa esai atau opini di koran atau majalah dengan isi tulisan yang panjang lebar dan bermutu, serta topik yang menarik minat pembaca. Namun tak jarang ketika kita mencoba mengawali langkah untuk itu, kita menemukan kebuntuan terutama dalam memulai menulis. Untuk kasus ini, saya menemukan beberapa tips dan trik singkat yang saya ambil dari berbagai sumber tentang bagaimana kita bisa melahirkan suatu tulisan yang bermutu.

Menentukan Topik
Nah, itu dia! Kalo kita ingin menulis tentu kita butuh topik atau tema. Topik ini secara garis besar bisa kita gambarkan dari judul artikel kita. Untuk menarik perhatian pembaca, kita butuh topik yang mampu membuat mereka memutuskan untuk membaca. Topik dan judul bisa kita ambil dari fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat yang menjadi perbincangan saat ini, atau sesuatu yang unik yang menimbulkan rasa penasaran dan ketertarikan pembaca.

Menyusun Kerangka Tulisan
Kerangka tulisan disusun bertujuan untuk menjaga agar tulisan kita terarah dan tidak menyimpang jauh dari topik utama. Kerangka tulisan dikembangkan dari topik utama. Hal ini cukup penting apalagi kalau artikel yang kita buat cukup panjang. Kerangka tulisan bisa disusun berdasarkan subjudul-subjudul.

Memperkaya Wawasan dan Kosakata
Agar tulisan kita mampu membuat pembaca terkesima, tentu saja kita harus punya stok kata-kata yang banyak serta wawasan yang luas berkaitan dengan artikel yang kita tulis. Wawasan dan kosakata bertambah jika kita rajin mencari-cari dan membaca artikel orang lain yang bisa dijadikan bahan referensi atau sumber inspirasi kita dalam menulis. Karena itulah, untuk menjadi penulis yang baik, kita harus jadi pembaca yang baik pula.

4 komentar:

Nanang mengatakan...

Artikel yang menarik....

http://www.nanang.web.id

ianz mengatakan...

trims bro...

Rizki Abe mengatakan...

ya gw jg mo jadi penulis. Tapi tulisan gw cenderung spontan tanpa kerangka. Lahir begitu saja. Salam kenal

ianz mengatakan...

salam kenal juga sob. sama saya juga pengen jadi penulis. salah satunya ya lewat blog ini...

Random Post