Rabu, 30 Maret 2011

Flash Fiction, Cerita Amat Sangat Pendek Sekali

Muncul ketertarikan untuk membuat blog yang agak beda dari blog-blog saya sebelumnya, yang lebih spesifik, bukan blog gado-gado yang isinya bercampur aduk. Yang terbayang oleh saya ada dua hal, blog yang berisi informasi lowongan kerja dan peluang bisnis, serta blog yang mungkin mengarah ke sesuatu yang berbau sastra seperti puisi atau cerita pendek.

Dalam pencarian di dunia maya, saya menemukan satu istilah yang baru buat saya, yaitu flash fiction. Hmmm…. Dari kata-katanya yang berbahasa Inggris itu, mungkin kita bisa mengartikan apa itu yang disebut flash fiction. Flash berarti sekilas atau selintas, fiction berarti fiksi atau cerita fiksi. Untuk mempermudah, saya menyimpulkan kalau flash fiction itu artinya cerita sekilas, atau cerita yang amat sangat pendek sekali.

Ya, amat sangat pendek sekali. Mungkin tak ada aturan baku seberapa pendek suatu cerita bisa disebut sebagai flash fiction, bisa terdiri atas 500 kata, bisa kurang, bisa lebih. Bila kita bandingkan dengan cerita pendek alias cerpen, flash fiction jauh lebih pendek dari itu.

Tentu saja, untuk sebuah cerita yang sangat pendek, harus ada sesuatu yang lebih yang bisa ditawarkan dari flash fiction. Kata-katanya mungkin saja sedikit, tapi maknanya seyogyanya sangat dalam, sesuatu yang bisa menyentuh hati manusia, sehingga flash fiction bukan hanya sekedar sebuah cerita yang amat sangat pendek sekali, tetapi sebuah cerita yang mengandung unsur makna yang dalam atau bisa juga makna yang luas. Jika dinilai hanya sebagai sebuah cerita yang amat sangat pendek, semua orang tentu bisa membuatnya. Namun membuat cerita yang sesingkat itu, dengan makna yang amat dalam, itu adalah suatu tantangan.

Saya akhirnya memutuskan membuat sebuah blog yang isinya kumpulan flash fiction (Lihat http://flashfictionz.blogspot.com. Promosi dikit... :D ). Sempat saya berpikir, tentu banyak yang akan bisa saya tulis pada blog saya yang berisi flash fiction. Ternyata saya salah. Ide tak bisa muncul begitu saja. Apalagi kalau sudah disibukkan dengan rutinitas sehari-hari. Bukannya berpikir untuk menulis, yang terpikir adalah tempat tidur di mana saya bisa beristirahat melepas lelah........

Walaupun sedikit, sudah ada beberapa tulisan yang saya buat di flashfictionz.blogspot.com. Saya bisa perlihatkan tiga contoh flash fiction yang sudah saya buat di bawah ini. Selebihnya, langsung saja kunjungi blog kumpulan flash fiction saya di http://flashfictionz.blogspot.com :)

Cara Mengendarai Motor

Iman kebetulan bertemu dengan temannya, Teguh, ketika mereka sama-sama mengendarai motor di jalan raya. Dia merasa risih melihat cara Teguh mengendarai motornya dan kemudian berkata, "Jangan terlalu sering melihat ke belakang! Perhatikan jalan di depanmu!"

Aziz dan Laila

Aziz sedang terlibat percakapan dengan Laila. Menjelang akhir perbincangan, Aziz bertutur kepada Laila, "Tidak bisakah engkau melihat? Aku adalah pria yang gagah. Tubuhku berotot, dan tak ada satu pun yang mampu menandingi kecepatanku dalam perlombaan lari. Tidakkah engkau ingin menikah dengan pria seperti aku?" Laila hanya menjawab dengan santai, "Tidak bisakah engkau melihat? Engkau adalah seekor kuda sedangkan aku adalah seekor unta."

Lihatlah Buktinya

"Pembangunan di negeri kita meningkat begitu pesat. Lihatlah buktinya... Betapa indahnya suasana kota," ucap Arya kepada rekan kerjanya. Sang rekan kerja pun menjawab, "Betul. Itu karena kita melihatnya dari jendela lantai 5 kantor kita."

7 komentar:

cahayabali mengatakan...

keren blognyaaa...
salam

ianz mengatakan...

thank you sob.......

kenia huwada mengatakan...

salam kenal mas Ryan..ikutan lomba flash fiction aja mas!!ato buat lombanya,..kan keren tuh hehe..oia,ada lomba FF lho tp buat yg blognya dah 2bln dan postingan lbh dr 10buah..

ianz mengatakan...

@kenia huwada, salam kenal juga mbak kenia.... :)
lomba FF? hmmmm....... ikutan ga ya?

kenia huwada mengatakan...

ayo ikutan aja mas..infonya ada di "www.bangaswi.wordpress.com" cuma sampe akhir bulan ini koq..150 kata lho..pasti bisa!oia,tuker link blh ga??thnks be4..

ianz mengatakan...

@kenia huwada, oke deh... dicoba dulu ya... thanks buat infonya...
khusus buat tukeran link, blog ini masih belum menyediakan.... tukeran link bisanya di blog aku yang lain... yaitu http://indonesiablogz.blogspot.com

Misterious J mengatakan...

Flash fictionnya seperti cerita2 pada buku kumpulan humor ya! Hehehe
(Mampir ke blog sastraku ya!)Flash fictionnya seperti cerita2 pada buku kumpulan humor ya! Hehehe
(Mampir ke blog sastraku ya!)lan humor ya! Hehehe
(Mampir ke blog sastraku ya!)Flash fictionnya seperti cerita2 pada buku kumpulan humor ya! Hehehe
(Mampir ke blog sastraku ya!)

Random Post