Senin, 17 Januari 2011

Tawaran Bisnis untuk Twitter

Siapa sih yang tak kenal Twitter? Situs microblogging yang satu ini memang telah menyebar bak virus ke mana-mana. Banyak orang yang telah memanfaatkan situs ini untuk hanya sekedar menulis uneg-uneg atau juga untuk menyebarkan informasi ke seantero dunia, dengan hanya menulis maksimal 140 karakter saja (tak heran kalau situs ini disebut situs microblogging, karena dalam satu kali ngetwit, kita cuma boleh menulis maksimal 140 karakter).

Sebagian orang tentu berpikir, dengan ketenarannya sekarang ini, Twitter bisa meraih keuntungan yang besar secara finansial. Tapi kita lihat sendiri, tak ada iklan di Twitter. Situs ini sepertinya memang belum menjadi situs yang menguntungkan secara finansial, walau bahkan tawaran itu pernah datang.

Contohnya saja, berdasarkan informasi yang saya dapat dari http://detik.com, pada tahun 2008, Facebook bahkan dilaporkan sudah mencoba membeli Twitter, namun upaya ini menuai kegagalan. Menurut media asal Inggris, Financial Times, bos Facebook Mark Zuckerberg berniat membeli saham Twitter dengan harga USD 500 juta. Namun pihak Twitter tidak berminat dengan tawaran menggoda tersebut. Alasannya menurut Biz Stone, salah satu pendiri Twitter, Facebook dinilai tidak bakal melakukan sesuatu seperti yang diinginkan oleh tiga pendiri Twitter yakni Biz Stone, Evan Williams dan Jack Dorsey. Mereka dengan tegas menolak niat Facebook melamar Twitter dan mengembangkannya sendiri.

Tawaran memasang iklan juga pernah diterima situs ini. Namun tawaran ini juga ditolak paling tidak sampai saat ini. Pendiri Twitter tak ingin pengguna layanan merasa terganggu dengan adanya iklan yang menempel di bagian samping halaman situs atau semacamnya.

Menurut laporan Financial Times, Twitter sampai sekarang belum menghasilkan untung. Dibuat pada tahun 2006, Twitter saat ini memiliki 175 juta user terdaftar dan pada tahun 2010 tercatat menyebarkan 25 miliar tweet.

Semua informasi ini telah memberi tahu saya, bahwa perkiraan saya meleset. Tak seperti Facebook, Twitter ternyata belum menjadikan dirinya sebagai situs yang memiliki sisi bisnis.

18 komentar:

Blog Santai mengatakan...

baru tahu sy klo twitter belum dapat untung apa-apa..
Padahal dari twitter sendiri penggunanya sudah banyak yg dapat untung!
Berlawanan sekali ya dg facebook?

Huda Tula mengatakan...

wow? ada dua kemungkinan si. yang pertama, pendirinya twitter memang idealis. yang kedua--dan kemungkinan besar--sengaja diulur-ulur untuk ningkatin bargaining.

kayanya si. sok tahu banget yak?

ianz mengatakan...

@blog santai, sama sobat, saya jg br tau.... buat saya ini cukup mengejutkan....
@huda tula, kemungkinan yg kedua mmg lbh besar sobat, sebab kalo ga salah mereka jg bilang ingin membisniskan twitter, tp bukan skrg....

rezKY p-RA-tama mengatakan...

ooo
begitu toh twitter itu
baru dengar saya yang beginian

ianz mengatakan...

@rezky pratama, begitulah kira2 sob....

giewahyudi mengatakan...

itu kan filosofi CEO twitter, hanya berbagi..
dan jangan samakan twitter dengan facebook ya. :)

Buruan Klik Gue !! mengatakan...

Siplah tulisannya.

ianz mengatakan...

@giewahyudi, oooh gitu ya... baru tau jg saya yg ini...
@buruan klik gue, :) .........

om rame mengatakan...

benar Mas, untuk ajang promos di twetter Lebih cepat dari pada di facebook. mungkin karena para penggunanya Lebih paham mengenai pemanfaatan dunia teknoLogi, ketimbang facebook Lebih banyak digunakan hanya sebatas pada ajang pertemanan saja. sekaLian narsis-narsisan. hehehehe.......

nonaManis mengatakan...

hhmm spt itu ya :) info nya menambah saya jadi tahu soal twitter karena saya nga punya account twitter

ianz mengatakan...

@om rame, ya om, twitter beda bgt sama facebook ya...
@nonamanis, oke deh... moga infonya bermanfaat buat nona manis...

r10 mengatakan...

kalau twitter belum dapat untung, berarti, bayar biaya servernya bagaimana?

ianz mengatakan...

@r10, itulah sob, saya jg bingung.. pake duit pribadi kali ya?

rooteye mengatakan...

Kasian juga ya?

bagaimana dengan pembuatnya, makan apa kira-kira?

yusuf mengatakan...

memang belum untung, pasti ada pihak yang membiayai semua itu

ianz mengatakan...

@rooteye, begitulah sob... tp saya pikir pengelola twitter ga mgk ga punya duit... kalo pengelola twitter ga punya duit, pasti udah menerima 'pinangannya' facebook... ya ga?
@yusuf, ada kemungkinan jg spt itu sob...

Turunkan Nurdin mengatakan...

Memang dahsyat dunia online. Bisa bikin kaya mendadak.

ianz mengatakan...

@turunkan nurdin, begitulah sob.... saya jg pengen... :)
ngomong2 blognya sobat unik jg.... dari judulnya aja udah ketauan blognya membahas tentang apa (atau siapa) :D

Random Post