Kamis, 08 Januari 2015

Produk Android Selain Hp

Siapa yang tak kenal dengan android? OS yang satu ini termasuk OS yang merajai dunia hp atau smartphone saat ini. Di mana-mana hp berbasis android bisa kita temui. Android atau semacamnya telah mengubah cara pandang orang mengenai hp, yang dulunya lebih ditekankan pada fungsi telpon dan sms, sekarang bisa digunakan dengan fungsi yang lebih luas.

Tapi kira-kira, selain buat smartphone dan tablet, android bisa digunakan untuk produk apa saja ya? Usut punya usut, ini dia saya temukan beberapa produk yang menggunakan OS android selain smartphone dan tablet.

1. GPS Garmin Monterra

Wajar ya, kalau gadget GPS bisa memakai OS android, sebab android sendiri memang punya aplikasi GPS, yang bisa membaca posisi kita di muka bumi ini. Tapi tentunya produk Garmin Monterra lebih ditekankan kepada fungsinya untuk penggunaan GPS outdoor alias di lapangan, tanpa fungsi seluler. Jadi kita tidak bisa telponan atau sms-an dengan gadget ini. Tapi keuntungannya, selain menggunakan koneksi GPS, Garmin Monterra juga menyediakan koneksi wifi, sehingga kita bisa browsing internet di lapangan dengan tethering dari hp atau menggunakan modem wifi.

Selain itu, gadget ini juga memiliki fasilitas foto 8mpix dan video 1080p, sangat mendukung untuk dokumentasi lapangan. Ada fasilitas FM radio, memory card hingga 8 Gb, dan juga ada senter built in buat menerangi ketika berada di lokasi yang gelap. Karena berbasis android, Garmin Monterra juga ada Playstore-nya buat mendownload aplikasi seperti game dan aplikasi lain.

Kelebihan lainnya adalah dari segi baterai. Ada dual mode baterai, bisa pakai baterai Lithium ion 2000mAh, atau kalau tak memungkinkan untuk men-charge (tak ada colokan atau tak membawa powerbank) maka kita bisa beli baterai AA sebanyak 3 buah.

Dari segi tampilan, Garmin Monterra lebih tebal dari smartphone android pada umumnya. Berikut penampakannya yang saya ambil dari http://mantugaul.wordpress.com/2014/05/27/review-gps-garmin-monterra-gps-outdoor-premium-dengan-android/


2. Toshiba Pro Theatre L4300, televisi LED Toshiba dengan Sistem Operasi Android

Toshiba Pro Theatre L4300 diperkuat dengan sistem operasi android 4.2.1 Jelly Bean. Dengan OS android, tv ini dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya, akses ke jejaring sosial, dan menggunakan berbagai aplikasi dari Google Play Store. L4300 juga dilengkapi dengan remote control sebagai alat navigasi. Selain itu, ada pula dongle sebagai penerima sinyal wifi.

Salah satu fitur menarik L4300 adalah screen mirroring. Melalui fitur tersebut, pengguna bisa memproyeksikan tampilan android di gadget agar muncul di layar televisi. Bayangkan kita bisa melihat tampilan seperti smartphone android dengan ukuran layar sebesar 50 inchi atau 39 inchi.

Harga? Kabar-kabarnya tv ini memiliki harga sekitar Rp. 14 juta untuk ukuran 50 inchi dan Rp. 7 juta untuk ukuran 39 inchi.


3. Kulkas Samsung RF4289HARS

Kulkas canggih keluaran Samsung ini dilengkapi dengan layar 8 inchi dan fasilitas wifi. OS android yang dimiliki memungkinkan kita untuk mengatur dan mengecek suhu dengan menggunakan layar sentuh. Ruang yang disediakan pun cukup besar dan terbagi-bagi atas beberapa elemen. Sayangnya, harganya terbilang mahal dan saya belum tahu apakah di Indonesia produk ini sudah tersedia atau belum.

2 komentar:

Ajay Briker mengatakan...

wah mantap ya sob, kapan saya bisa beli?

ianz mengatakan...

@Ajay Briker, bisa aja kok sob... Di mana ada kemauan di situ ada jalan :D

Random Post