Kamis, 30 Desember 2010

Perahu Nabi Nuh, Saksi Bisu Tsunami Aceh di Lampulo

Sebuah pemandangan yang tak biasa. Di atas sebuah rumah penduduk di Desa Lampulo, Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, bertengger seunit perahu. Tak heran jika pandangan wisatawan tertuju ke arah perahu itu saat melewatinya. Sebuah saksi bisu bencana tsunami yang terjadi di Aceh pada tanggal 26 Desember 2004. Orang-orang menyebutnya sebagai "perahu Nabi Nuh". Perahu tersebut telah menyelamatkan lebih dari 60 warga saat tsunami terjadi.

Sebagaimana diberitakan oleh Liputan6.com, Abasiah, salah seorang korban selamat, mengisahkan, saat tsunami menjangkau permukimannya di Lampulo dengan ketinggian lebih dari satu meter, tiba-tiba perahu nelayan itu muncul di hadapannya. "Waktu itu, kami sekeluarga yang masih berada di dalam rumah langsung ke luar, dan tanpa pikir panjang memanjat kapal yang sudah berada di hadapan kami," katanya.

Karena air laut yang mencapai daratan terus meninggi, sebagian warga keluar melalui atas rumah untuk mencapai kapal nelayan itu. "Itu kapal bersejarah dan telah banyak warga terselamatkan dari tsunami," kata Abasiah.

Abasiah, warga Lampulo yang rumahnya berdekatan dengan TPI itu menceritakan awal "perahu Nabi Nuh" tersebut bertengger di atas atap rumah permanen miliknya. "Awalnya, saya mengira perahu itu sengaja didatangkan untuk menyelamatkan orang-orang dari amukan air laut menerjang permukiman penduduk," katanya.

Di dalam rumah permanen yang kini masih bersemayam "perahu Nabi Nuh" itu, Abasiah tidak sendiri ketika tsunami sebab ada anak-anaknya yaitu Agin, Ghazi, Thoriq, Zalfa, dan seorang putri angkatnya, Yanti.

"Perahu Nabi Nuh" itu memiliki panjang sekitar 18 meter, berkonstruksi kayu, dan kini telah dibangun tangga untuk mencapai bagian dalam boat tersebut. Lokasi berjarak sekitar dua kilometer dari pusat Kota Banda Aceh.

Saat ini, "Rumah boat" atau "Perahu Nabi Nuh" menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan. Tidak hanya warga nusantara, tapi juga turis asing. Selain menyaksikan bukti fisik, para wisatawan juga bisa mendengarkan kisah-kisah unik dan ajaib dari peristiwa tsunami enam tahun silam dari korban selamat di "Rumah Boat" atau "Perahu Nabi Nuh" itu.




Source:
- http://id.news.yahoo.com/lptn/20101230/tid-kisah-perahu-nabi-nuh-di-lampulo-c237b35.html
- http://na-2x.blogspot.com/
- http://antarafoto.com

11 komentar:

Huda Tula mengatakan...

ckckckck.... (speechless)

terus rumahnya sekarang tetap dtempati gitu? keren juga ya, kalau seandainya tetap ditinggalin dengan perahu sebagai atapnya....

ianz mengatakan...

@huda tula, betul sobat.. mgk karna nilai sejarahny kapal itu ttp dibiarkan di sana.. ga tau jg sih gimana tingkat keamanan konstruksi bangunan di bawahny..

rezKY p-RA-tama mengatakan...

loh
terus?
itu,,,,
wadu
gak bisa berkata apa2

ianz mengatakan...

@rezky, hehe.. :)

windflowers mengatakan...

wah...selalu saja ada keagunganNya dlm setiap situasi...

ianz mengatakan...

@windflowers, yupz.. setuju..

adeTruna mengatakan...

idealnya sih tempat ini ada maintenance-nya...dilakukan oleh dinas pariwisata ato pemerintah setempat agar tetap terjaga terpelihara dan aman.

ianz mengatakan...

@adetruna, betul jg.. maintenance perlu sekali agar t4 ini bs dilihat dan dijadikan pembelajaran utk generasi yg akan dtg..

Admin mengatakan...

ENGLISH TUTORS URGENTLY NEEDED!!!

A Fast Growing National English Language Consultant is hunting for :

=> ENGLISH TUTORS <=

Qualifications:

1. Competent, experienced, or fresh graduate
2. Proficient in English both spoken & written
3. Friendly, Communicative, & Creative

Placement :
=> Batam - Balikpapan – Samarinda - Makassar – Pekanbaru - Medan

Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

r10 mengatakan...

itu kapal yg membawa "penumpang tsunami" yah? dan kemudian mendarat di rumah tersebut?

saya baru tahu kisah ini

ianz mengatakan...

@admin, trims infonya..
@r10, betul sob.. kapal yg terbawa arus tsunami itu tlah menyelamatkan banyak nyawa..

Random Post