Sabtu, 28 November 2009

Enneagram : 9 Tipe Kepribadian

Saya pernah mencoba sebuah aplikasi untuk mengenali kepribadian yang bernama enneagram. Setelah mengisi beberapa pertanyaan, akhirnya saya menemukan salah satu dari 9 tipe pada diri saya, yang benar-benar lebih dominan dibanding lainnya. Saya jadi tertarik untuk mempelajari yang namanya enneagram. Dan setelah searching di internet beberapa saat (seperti yang kita tahu, internet adalah gudangnya informasi), akhirnya ditemukanlah beberapa informasi mengenai istilah enneagram (keingintahuan ini ternyata sangat berhubungan dengan tipe kepribadian saya sendiri).

Enneagram merupakan bagian dari psikologi manusia. Dikenal sejak peradaban Asia Tengah sekitar tahun 2500 SM, para Sufi Mesopotamia tempo dulu sudah memakai prinsip-prinsip enneagram untuk memecahkan masalah perbedaan karakter manusia.

Dewasa ini Enneagram dipakai oleh banyak perusahaan dan juga lembaga pendidikan dengan maksud supaya mengenal tipe kepribadian setiap orang yang bekerja di dalam perusahaan atau lembaga pendidikan tsb.

Enneagram berasal dari kata Yunani: ennea = 9; gram = gambar. Jadi Enneagram berarti 9 macam gambaran, atau 9 macam tipe kepribadian orang. Atau 9 macam watak manusia. Dapat digambarkan seperti di bawah ini : sebuah lingkaran, dengan sembilan sudut di dalamnya. Sudut-sudut itu berupa segitiga tanpa ada alas, kecuali satu segitiga yang merupakan pusat dari setiap tipe/watak (No. 9,3,6).

Kesembilan tipe tersebut adalah:
1. Perfeksionis ingin melakukan segalanya dengan benar dan sering mengkritik diri sendiri.
2. Penolong ingin membantu dan disukai, sering menutupi perasaan dan kebutuhannya sendiri.
3. Pengejar prestasi terdorong untuk tampil dengan baik dan mendapat persetujuan.
4. Romantis bersifat sensitif, sering dramatis, dan butuh merasa istimewa.
5. Pengamat penuh rasa ingin tahu, ingin memahami segalanya, dan biasanya pemalu.
6. Pencemas selalu waspada, mencari keamanan, dan mungkin takut menentang sesuatu yang tidak diketahuinya.
7. Petualang mengejar sesuatu yang baru dan menyenangkan, sering menunjukkan perhatian yang hanya sepintas lalu.
8. Pejuang kuat, energik, dan sering kali agresif.
9. Pendamai ingin agar setiap orang merasa senang dan menghindari konflik.

Tidak ada komentar:

Random Post